Pemerintah Provinsi Gorontalo mencanangkan peringatan Hari Karawo dalam acara yang berlangsung di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Ahad.
Pencanangan peringatan Hari Karawo diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pemimpin organisasi perangkat daerah, aparatur sipil negara, dan warga.
 
Peringatan Hari Karawo merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan dan mempromosikan produk sulaman khas Gorontalo.
 
"Pencanangan ini merupakan lokomotif untuk mempromosikan karawo yang juga telah masuk dalam kalender pariwisata nasional dan termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara," kata Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya.
 
"Karawo adalah produk sulaman tangan khas Gorontalo yang sudah ada sejak abad ke-18. Peringatan Hari Karawo merupakan kegiatan yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Gorontalo," katanya.
 
Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan instansi terkait lain berupaya mempromosikan karawo sebagai produk ekonomi kreatif unggulan ke tingkat nasional dan internasional.
 
Hari Karawo diperingati setiap 23 Januari berdasarkan Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 9 Tahun 2014 tentang Hari Karawo, yang diberlakukan untuk mendukung upaya pengembangan dan pelestarian karawo.
 
Acara peringatan Hari Karawo tahun 2024 meliputi lomba pembuatan syal karawo unik, lomba pembuatan video milenial bangga berkarawo, serta lomba foto keluarga berkarawo dan balita berkarawo.
 
Pada puncak peringatan Hari Karawo tahun 2024 akan digelar pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah serta penyerahan penghargaan kepada perajin karawo.
 


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024