Ketua dan pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1313 berbagi pengetahuan pembuatan produk kerajinan tangan bersama warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Melalui rilis yang diterima ANTARA di Gorontalo, Rabu kegiatan itu bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang potensi kreatif warga binaan dan kegiatan keseharian dan belajar secara langsung tentang kerajinan tangan yang dikembangkan oleh warga binaan.

Ketua Persit Kodim 1313 Pohuwato Ismi Aribowo Dwi Hartanto mengatakan bahwa kunjungan ke Lapas Pohuwato adalah bentuk komitmen kami untuk mendukung pembinaan dan reintegrasi sosial bagi warga binaan.

"Melalui kegiatan belajar membuat kerajinan tangan, kami berharap dapat memberikan keterampilan yang bermanfaat dan membuka peluang baru bagi mereka," ucap dia.

Ia menekankan pentingnya menciptakan ikatan yang kuat antara masyarakat dan warga binaan, sehingga mereka dapat merasakan dukungan nyata dalam perjalanan mereka menuju pemulihan dan perubahan yang positif.

"Kami percaya, dengan dukungan bersama, kita dapat menciptakan masyarakat yang inklusif dan memberikan kesempatan kedua bagi setiap individu," kata Ismi.

Kepala Subseksi Kegiatan Kerja Lapas Pohuwato Fery Utiarahman menyampaikan, bahwa kegiatan itu tidak hanya membawa semangat baru bagi warga binaan, tetapi juga memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan masyarakat.

"Saya berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah positif dalam mendukung program pembinaan dan membantu warga binaan untuk membangun keterampilan yang bermanfaat bagi masa depan mereka," kata Fery.

Kunjungan ini bukan hanya tentang pembelajaran keterampilan, tetapi menciptakan konektivitas sosial. Melalui kegiatan ini, warga binaan merasakan dukungan langsung dari masyarakat, dan itu dapat menjadi faktor penting dalam proses pembinaan mereka.

"Kami berharap, ini dapat membantu mengubah perspektif masyarakat terhadap warga binaan dan membuka pintu untuk lebih banyak peluang bagi reintegrasi sosial," ungkapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024