Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo memastikan akan mendistribusikan vitamin bagi seluruh penyelenggara pemilihan umum (pemilu) di daerah itu.

"Setelah kami berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, ternyata kita punya stok vitamin yang cukup untuk dibagikan ke para penyelenggara pemilu yang akan melaksanakan tugas di hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Gorontalo Utara Suleman Lakoro di Gorontalo, Kamis.

Stok vitamin tersebut bahkan cukup untuk dua kali minum.

"Jadi setiap personel penyelenggara akan mendapatkan dua butir vitamin," kata Sekda.

Distribusi vitamin tersebut merupakan bagian dari perlindungan kesehatan bagi setiap penyelenggara pemilu serentak Tahun 2024.

Penyaluran vitamin akan dilakukan pihak Dinas Kesehatan, serta memprioritaskan pembagian di 412 TPS tersebar di 123 desa di 11 kecamatan.

Ia mengatakan pemberian vitamin tersebut menjadi dukungan pemkab terhadap kinerja seluruh penyelenggara pemilu.

"Mereka (penyelenggara pemilu) harus dipastikan sehat, diberi dukungan untuk menambah vitalitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban," kata pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris DPRD itu.

Ia menambahkan bahwa pihaknya (pemkab) telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak BPJS Kesehatan, KPU dan Bawaslu Kabupaten, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dalam rangka memastikan seluruh penyelenggara pemilu di daerah itu telah masuk dalam ke-pesertaan jaminan kesehatan nasional.

Oleh karenanya, setiap penyelenggara bisa dengan gratis mendapatkan layanan kesehatan jika mengalami gangguan medik pada saat mereka bertugas.

Meski begitu Sekda berharap setiap penyelenggara di daerah tersebut dapat bertugas dengan optimal dengan kondisi yang sehat dan prima.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024