Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menyiagakan ambulans di hari pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 14 Februari 2024.

"Kita menyiagakan ambulans bergerak (mobile) di wilayah kerja Puskesmas masing-masing untuk mengantisipasi hal-hal medik yang dialami para penyelenggara pemilu saat menjalankan tugas yang diemban," kata Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara dr. Sri Fenty N.Sagaf di Gorontalo, Sabtu.

Seluruh Puskesmas pun akan bersiaga menyiapkan personel piket selama 1x24 jam.

Termasuk menyiagakan masing-masing satu orang petugas di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengatakan terdapat 15 Puskesmas di kabupaten tersebut, satu di antaranya ada di Wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Namun begitu, khusus petugas di setiap TPS, ada beberapa yang harus merangkap atau bertugas di lebih dari satu TPS.

"Kondisi ini terpaksa berlaku mengingat kita mengalami minim personel sehingga rangkap tugas terpaksa diberlakukan untuk dapat melayani 412 TPS," katanya.

Ia memastikan pihaknya pun menyiapkan nomor telepon yang dapat dihubungi setiap saat.

"Mereka (penyelenggara) yang memerlukan layanan medik secepatnya, dapat langsung menghubungi nomor yang telah disiapkan tersebut," katanya.

Kesiapan pihak Dinas Kesehatan daerah itu dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan pemilu kata Fenty, dibarengi dengan imbauan kepada seluruh petugas kesehatan untuk menjalankan tugas dengan optimal dan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Semua petugas harus fokus pada tugas masing-masing. Jangan ada yang menyimpang atau terlibat dalam kegiatan politik praktis. Sebab kita bertugas untuk melayani dengan baik," katanya.

Ia berharap sikap netral para petugas kesehatan dapat menjadi bagian dalam mendukung kesuksesan pemilu yang lancar, aman dan bahagia.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024