Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menuntaskan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 ke seluruh kecamatan di daerah tersebut.

Ketua KPU Bone Bolango Sutenti Lamuhu di Bone Bolango, Selasa mengatakan jika logistik yang didistribusikan yaitu kotak suara, bilik suara, surat suara, semua jenis formulir, alat kelengkapan TPS seperti tanda pengenal saksi, tanda pengenal KPPS, tinta, alat coblos, dan paku coblos.

"Ini semua didistribusikan di 17 Kecamatan yang ada di Bone Bolango menggunakan 20 truk. Sementara untuk Kecamatan Pinogu sudah kita didistribusikan pada hari Minggu dan sebagian wilayah Kecamatan Kabila Bone dan Bulango Ulu pada Senin kemarin," ungkap Sutenti.

Ia menjelaskan, untuk kesiapan TPS berdasarkan pemantauan pihak KPU sudah mencapai 80 persen. Sementara untuk surat pemberitahuan undangan memilih, kata dia sudah didistribusikan 100 persen.

"Jumlah TPS di Bone Bolango sebanyak 509 tersebar di 160 Desa dan lima Kelurahan di 18 Kecamatan. Sementara untuk total surat suara sebanyak 126.476 dari jumlah DPT ditambah 2 persen untuk masing-masing jenis pemilihan," ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli berharap pendistribusian logistik Pemilu Serentak tahun 2024 tidak mendapatkan halangan dan pihak penyelenggara di tingkat Kecamatan sudah siap melakukan penerimaan.

"Ini kita kawal sama-sama sehingga besok pada saat distribusi di masing-masing TPS bisa berjalan dengan lancar," kata Merlan.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama dan berkoordinasi mengawal proses tahapan Pemilu Serentak tahun 2024.

Berdasarkan berita acara DPT, dari empat daerah pemilihan ada tiga kecamatan yang memiliki jumlah pemilih terbanyak.

Seperti kecamatan Kabila memiliki 17.499 pemilih yang dengan jumlah 66 TPS di 12 Kelurahan dan Desa merupakan jumlah pemilih terbanyak di Bone Bolango. Disusul Kecamatan Tilongkabila dengan 14.449 pemilih dengan 56 TPS di 14 desa. Dan di posisi ke tiga ada Kecamatan Suwawa dengan 9.834 pemilih dengan 38 TPS di 10 desa.

Sementara jumlah pemilih terendah ada di Kecamatan Pinogu dengan 1.535 pemilih yang tersebar di lima desa dengan jumlah delapan TPS.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024