Kondisi hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, tidak menghalangi warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan umum (Pemilu) serentak, 14 Februari 2024.

"Alhamdulillah warga antusias datang ke TPS. Kami terus menyosialisasikan hari pemungutan suara ini. Sembari meminta dukungan pemerintah daerah untuk mendorong animo warga yang punya hak pilih agar datang mencoblos," kata Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan dirinya datang ke TPS lebih pagi agar dapat segera memberikan hak suara, dengan harapan langkah yang dilakukan ini diikuti warga untuk datang ke TPS sedini mungkin. Apalagi curah hujan ringan hingga sedang terus mengguyur wilayah ini.

Sofyan mengatakan pemungutan suara di 412 TPS tersebar di 123 desa berjalan aman dan lancar.

"Alhamdulillah tidak ada TPS yang mengalami penundaan pelaksanaan pemungutan suara. Meskipun beberapa TPS harus diakses dengan kondisi jalan yang becek, namun seluruhnya bisa melayani warga yang datang mencoblos," katanya.

Saat ini proses penghitungan suara di seluruh TPS sementara berlangsung.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi keamanan dan ketertiban bersama di seluruh lokasi TPS agar proses tersebut berjalan lancar dan aman," katanya.

Warga yang ingin datang menyaksikan proses penghitungan suara agar tertib dan tidak euforia berlebihan.
Sejumlah warga berbondong-bondong menyalurkan hak pilihnya di salah satu TPS di Gorontalo Utara, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Susanti Sako.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024