Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berharap kepada jajaran Kepala Desa (Kades) untuk dapat memfasilitasi masyarakat miskin yang ingin mendapatkan pemasangan listrik gratis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat.

"Segera data dan laporkan kepada kami, mana warganya yang benar-benar kurang mampu untuk mendapatkan pemasangan listrik gratis," kata Gubernur Rusli Habibie saat melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Rumah Layak Huni dan Peresmian kantor Desa Huntu barat di Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Senin.

Pemprov Gorontalo dalam tahun 2016 telah menyediakan anggaran untuk pemasangan listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 20.000 Kepala Keluarga (KK).

"Jadi jajaran kades tolong bantu dan fasilitasi warganya yang ingin mendapatkan pemasangan listrik gratis," ucap Gubernur Rusli Habibie.

Selain itu, Gubernur Rusli Habibie juga meminta kepada kades untuk segera mengusulkan desa yang belum ada jalur listrik, seperti yang ditemukan di Desa Owata, Kecamatan Bulango Ulu.

Terkait dengan pembangunan rumah layak huni, Gubernur Rusli Habibie menjelaskan bahwa beberapa permintaan proposal yang masuk ke pemprov, itu tidak semuanya dapat terlayani.

Sebab kebutuhan rumah layak huni untuk Provinsi Gorontalo ada sekitar 54 ribu dari total 58 ribu rumah.

"Setiap tahun APBD Provinsi hanya mampu membangun 1.000 rumah dan dibagi di Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo," jelas Gubernur Rusli Habibie.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016