Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Gorontalo Brigjen Pol. Marzuki Ali Basyah di Gorontalo, Kamis mengatakan pihaknya wajib memastikan pariwisata di daerah itu harus bebas narkoba.

"Saya bersama seluruh staf BNN Provinsi dan Gorontalo Utara, mengunjungi objek wisata Bukit Dunu Ceria di Kecamatan Monano. Selain menikmati pemandangan laut yang indah, kami turut mempromosikan potensi pariwisata di daerah ini," katanya.

Kegiatan itu dilakukan sebagai rangkaian dari upaya bersama dalam menciptakan Indonesia Bersinar dalam rangka mendorong masyarakat melakukan banyak kegiatan di sektor pariwisata.

"Kami pun berupaya mengajak masyarakat untuk berkreasi menciptakan sumber kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan dalam rangka menjaga ketahanan keluarga dari gangguan narkotika. Serta memastikan dapat turut serta melakukan promosi pariwisata," katanya.

Pihaknya kata Marzuki, menyarankan pengelola objek wisata Bukit Dunu Ceria untuk menyiapkan persyaratan dalam menerima tamu (kunjungan), seperti wajib membawa wadah untuk sampah dan kondisi pengunjung harus sehat dan prima.

Pengelola objek wisata pun agar dapat menyiapkan sarana ibadah.

"Saya liat pengunjungnya cukup padat, diharapkan pengelola dapat menyiapkan tempat ibadah, agar selain berwisata, pengunjung pun tetap dapat beribadah. Orang beribadah pasti cinta dengan kebersihan diri, sudah pasti jauh dari penggunaan barang haram seperti narkotika," kata Brigjen Pol Marzuki.

Daya tarik bukit ini adalah wisata olah raga paralayang. Tentu pengunjung yang datang harus sehat, sebab akan terbang menikmati alam dari ketinggian.

"Kami berencana menggelar kegiatan yang lebih besar di objek wisata ini. Kita membangun kerja sama dalam mempromosikan Bukit Dunu Ceria agar lebih dikenal luas dan menjadi objek wisata unggulan dan kawasan wisata bebas narkoba," katanya.

Pihak Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Yasin Ali mengatakan terus memantau pengelolaan objek wisata Bukit Dunu Ceria.

"Kami berharap pengelolaan pariwisata oleh pemerintah Desa Dunu akan terus berkembang seiring meningkatnya jumlah kunjungan di Bukit Dunu Ceria," katanya.

Mengingat pemkab telah membangun fasilitas Shelter, termasuk menyiapkan fasilitas air bersih di bukit ini.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024