Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menggelar pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di Kelurahan Tumbihe, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Gorontalo, Senin mengatakan kegiatan tersebut merupakan program pemerintah daerah dengan menghadirkan dokter spesialis.

Pelayanan kesehatan bareng dokter spesialis, menurut Merlan bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengobati penyakit-penyakit yang memang selama ini dokter nya tidak ada di Puskesmas.

"Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan ini, apalagi setelah pengobatan ini semua obat yang dibutuhkan diberikan. Kemudian kita berikan dengan bahan kontak berupa sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi dan sampo," kata Merlan.

Merlan ingin warga Bone Bolango sebelum memasuki Ramadhan mendapatkan pemeriksaan kesehatan, sehingga sebulan penuh bisa menjalankan ibadah puasa tanpa ada gangguan.

"Semua ini tujuannya adalah bagaimana masyarakat itu selama menjalankan ibadah puasa mereka sehat-sehat semua dan Insyaallah bisa sampai dengan akhir Ramadhan dan Idul Fitri bisa merayakannya bersama-sama dalam keadaan sehat," ujar dia.

Merlan mengungkapkan kegiatan pelayanan kesehatan itu akan dilaksanakan dan berlangsung di 18 kecamatan yang ada di Bone Bolango, yang di awali dari Kecamatan Kabila.

Kepala Dinas Kesehatan Bone Bolango Meyrin Kadir menambahkan pelayanan kesehatan gratis tersebut melibatkan beberapa dokter, yaitu dokter spesialis, dokter anak, kemudian dokter mata, dokter fisioterapi, penyakit dalam, dan dokter umum

"Pada pelayanan ini juga sekalian dengan pemeriksaan kimia darah, tekanan darah, gula dan asam urat dengan melibatkan total 30 tenaga kesehatan yang terdiri dari 10 orang dokter dan perawat dan tenaga medis lainnya ada 20 orang," kata Meyrin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024