Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengimbau warga di daerah itu untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama, antarumat beragama dan menjaga stabilitas keamanan daerah.

Gubernur di Gorontalo, Kamis, mengatakan hal tersebut usai melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan 1445 Hijriah di Limboto Kabupaten Gorontalo.

Ia mengatakan kerukunan antarumat beragama dan stabilitas keamanan daerah sangat penting, sebab daerah aman akan mewujudkan keberhasilan pembangunan.

"Kita bersyukur dipertemukan lagi dengan bulan suci Ramadhan dan dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan tertib. Walaupun di bulan sebelumnya (Februari) masing-masing dari kita berbeda pilihan, atau ada juga yang sama, namun di momentum bulan suci Ramadhan dapat bersilaturahim lagi. Bagi yang mungkin sempat berselisih karena berbeda pilihan, dapat tetap bersama duduk berdampingan termasuk di dalam masjid," kata Gubernur Ismail Pakaya.

Terkait kegiatan Safari Ramadhan ini, merupakan agenda rutin Pemprov Gorontalo setiap momentum bulan suci Ramadhan.

Selain untuk memakmurkan masjid dan memperdalam ibadah di bulan suci, pelaksanaan safari Ramadhan juga identik dengan penyerahan bantuan, berupa dana hibah untuk perbaikan masjid.

"Saya sudah menyerahkan di beberapa masjid. Kami pun memberikan bantuan hibah kepada pengurus masjid Baiturrahman Limboto untuk melakukan pembenahan apa saja yang diperlukan di masjid," katanya.

Anggaran untuk hibah masjid memang tidak besar karena kemampuan pemerintah provinsi memang terbatas.

"Harapannya kita semua bisa memakmurkan masjid," katanya.

Berdasarkan data, sekitar 2.500 masjid tersebar di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo. Seribu masjid di antaranya ada di Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024