Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo menyiapkan Rp1,12 triliun uang layak edar dan uang pecahan kecil untuk mencukupi keperluan penukaran uang
masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kegiatan layanan kas dengan tajuk Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), dilakukan Bank Indonesia dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat atas uang rupiah.

"Ini merupakan wujud kehadiran Bank Indonesia dan perbankan dalam mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN)," ucap Kepala KPw BI Gorontalo Dian Nugraha pada peluncuran Serambi 2024 di Gorontalo, Jumat.

Dian menjelaskan, Serambi 2024 dilaksanakan melalui ketersediaan uang, layanan kas, dan edukasi Paham Rupiah.

Kehadiran rupiah yang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan melalui layanan kas prima diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di bulan suci Ramadhan.

"Serambi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai 15 Maret hingga 5 April 2024 melalui layanan kas Bank Indonesia yang dilakukan bersama 45 kantor Perwakilan Dalam Negeri dan perbankan," kata dia.

Pada Ramadhan tahun ini, KPw BI Gorontalo membuka layanan penukaran reguler yaitu kas keliling di pusat keramaian yang berada di 21 titik layanan kas.

"Kami juga membuka kas keliling khusus di kantor Kementerian, Lembaga atau Pemerintah Daerah, yaitu kantor Gubernur, Wali Kota dan Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Peluncuran Serambi tahun 2024 di Gorontalo dirangkaikan dengan pelepasan mobil penukaran uang keliling oleh Dian Nugraha dan Sekda Kota Gorontalo Ismail Madjid.
Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha (kanan) didampingi Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid (kedua kanan) melepas kendaraan penukaran uang keliling di Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (15/3/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024