Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mensosialisasikan panduan riset akselerasi kolaborasi perguruan tinggi Tahun 2024.

Kepala LPPM Universitas Negeri Gorontalo Prof Dr Lanto Ningrayati Amali di Gorontalo, Rabu, mengatakan sosialisasi tersebut diikuti 163 peserta meliputi dosen pendidik di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo yang dilaksanakan melalui rapat zoom.



Sistem pengelolaan penelitian di UNG harus memenuhi standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dituangkan dalam Peraturan Mendikbud-Ristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang diimplementasikan dalam strategi, arah kebijakan, program dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan misi perguruan tinggi.

Oleh karena itu, kata dia, sosialisasi tersebut harus dilakukan, apalagi penelitian tahun ini akan lebih difokuskan pada luaran, luaran produk dan prototipe dari hasil penelitian dan pengabdian yang diharapkan dapat di unggah di akun SINTA setiap dosen.

Sekretaris LPPM Dr Hasan S. Panigoro mengatakan bahwa persentase publikasi UNG pada skor metrik UNG menunjukkan pada 4,62 persen, sedangkan persentase penelitian yang dilakukan hanya mencapai 1,08 persen.

"Jika publikasi kita tinggi, seharusnya penelitian juga tinggi, sebab luaran dari penelitian itu adalah publikasi, sehingga hal inilah yang berusaha untuk kita capai," katanya.



Untuk kendala-kendala teknis yang akan ditemui oleh para dosen dalam meningkatkan skor SINTA, pihak LPPM membuka fasilitas layanan daring melalui laman yang dimiliki pada menu layanan.

Laman tersebut dibuat dengan tujuan mempermudah para dosen dalam mengatasi kendala teknis yang dapat ditemui.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024