Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gorontalo memberikan banyak kemudahan dalam akses pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama cuti bersama dan libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo Djamal Adriansyah di Gorontalo, Senin mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

"Kami memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara yang bisa dimanfaatkan peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia," ucap Djamal.

Ia menjelaskan, bagi peserta JKN yang berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain, paling banyak tiga kali kunjungan dalam satu bulan.

Berbagai kemudahan pelayanan JKN selama libur Lebaran dapat diakses melalui nomor aplikasi WhatsApp untuk layanan informasi, administrasi dan pengaduan.

Selanjutnya peserta dapat mengakses aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, situs BPJS Kesehatan serta BPJS SATU.

Djamal mengatakan, hingga 1 Maret 2024 ada 960.515 kanal pembayaran iuran peserta JKN di seluruh Indonesia.

"BPJS Kesehatan tetap melayani peserta JKN yang ingin mendaftar autodebit untuk memberikan kemudahan pembayaran iuran," ujar dia.

Pendaftaran itu dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, situs BPJS Kesehatan, aplikasi Tokopedia dan Gojek.

Sedangkan untuk peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran, tetap dapat melakukan pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) pada aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165 dan kantor cabang BPJS Kesehatan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024