Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo Pagar Butar Butar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III di Kabupaten Gorontalo.

"Hal ini untuk memastikan persiapan menjelang Idulfitri 1445 Hijriah dan keamanan tetap kondusif," ucap Pagar Butar Butar usai kunjungan di Lapas Perempuan Gorontalo, Sabtu.

Kunjungan tersebut diawali dengan peninjauan langsung kondisi hunian dan fasilitas yang ada di lapas tersebut, kemudian Kakanwil Pagar berdialog dengan warga binaan pemasyarakatan untuk mengetahui kondisi dan mendengarkan keluhan mereka.

"Saya ingin memastikan bahwa seluruh WBP di Lapas Perempuan Gorontalo mendapatkan hak-haknya dengan baik, termasuk dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan selama Ramadhan dan Idulfitri 1445 Hijriah," ujar Kakanwil.

Kakanwil juga meninjau dapur lapas untuk memastikan kebersihan dan kualitas makanan untuk WBP.

Usai meninjau dua lokasi tersebut, Kakanwil Pagar memberikan beberapa arahan kepada Kalapas Perempuan dan jajarannya terkait dengan persiapan menjelang Lebaran 2024.

Ia meminta agar Kepala LPP Gorontalo Meita Eriza dan jajaran meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lapas, serta memberikan pelayanan terbaik kepada WBP.

"Saya minta agar Kalapas dan jajarannya meningkatkan kewaspadaan dan keamanan lapas, terutama menjelang Idulfitri 1445 Hijriah. Pastikan tidak ada hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban di lapas," tegas dia.

Pagar Butar Butar meminta agar LPP memberikan pelayanan terbaik kepada WBP seperti menyediakan makanan yang layak dan bergizi, serta memberikan kesempatan kepada WBP untuk melaksanakan ibadah.

"Saya ingin WBP di Lapas Perempuan Gorontalo dapat merasakan kebahagiaan pada Idulfitri meskipun mereka sedang menjalani masa hukuman," kata Kakanwil Pagar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024