Kepolisian Sektor (Polsek) Kawasan Pelabuhan Gorontalo mulai memperketat pengamanan jelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kita mulai meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Penyeberangan Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo," kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gorontalo Ipda Reza Reyzaldy di Gorontalo, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga khususnya penumpang kapal baik yang akan pergi maupun datang dari Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kita memastikan situasi keamanan di Kawasan Pelabuhan Gorontalo berlangsung aman dan kondusif. Apalagi peningkatan jumlah penumpang menjelang lebaran Idul Fitri mulai nampak," kata Kapolsek.

Pihaknya kata dia, selain melaksanakan pengamanan juga memberlakukan pemeriksaan secara selektif terhadap barang bawaan penumpang termasuk kelengkapan surat kendaraan yang akan diseberangkan melalui pelabuhan tersebut, baik kendaraan roda dua, empat hingga roda enam.

Menurutnya kawasan pelabuhan penyeberangan Gorontalo memang menjadi salah satu titik rawan kemacetan dan penumpukan kendaraan serta penumpang menjelang lebaran Idul Fitri.

Mengingat infrastruktur tersebut merupakan pintu keluar-masuk atau pintu gerbang antara Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah melalui jalur laut.

Sebelumnya dalam rangkaian Operasi Ketupat Otanaha 2024, Polresta Gorontalo Kota telah mendirikan pos pengamanan terpadu di dalam area pelabuhan untuk mengamankan sekaligus mengawasi keluar dan masuknya penumpang, barang hingga kendaraan.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang untuk tidak membawa barang atau benda yang dilarang agar mudik lebaran 2024 bisa berjalan lancar, tertib, aman dan kondusif," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024