Kepolisian Resor Kota(Polresta) Gorontalo,  Provinsi Gorontalo menyiagakan personel di titik-titik rawan terjadi kemacetan selama libur lebaran Idul Fitri dan perayaan ketupat di Kota Gorontalo.

Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polresta Gorontalo Kota Kompol Asli di Gorontalo, Senin mengatakan pada perayaan hari raya Idul Fitri hingga hari ke tujuh setelah lebaran memang sering terjadi peningkatan aktivitas khususnya di jalur menuju tempat wisata.

"Kami menurunkan personel dari Satuan Samapta untuk membantu Satuan Lalu Lintas melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan," kata Kompol Asli.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya untuk wilayah Kota Gorontalo terdapat sejumlah tempat wisata pantai yang lokasinya hanya memiliki satu jalur akses saja. Belum lagi,  jalur tersebut juga menjadi akses dari dan menuju tempat wisata yang ada di Kabupaten Bone Bolango, serta merupakan jalur selatan yang menghubungkan antara Gorontalo dengan Provinsi Sulawesi Utara.

Ia mengatakan tak heran jika jalur tersebut terdapat banyak titik rawan kemacetan yang mengharuskan pihaknya menyiagakan personel untuk membantu mengantisipasi hingga mengurai kemacetan.

Kemacetan yang terjadi sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna jalan, khususnya menjelang perayaan hari ke tujuh Idul Fitri atau yang sering disebut lebaran ketupat.

"Puncak kepadatan kendaraan di objek wisata akan terjadi pada rangkaian hari libur mulai dari kemarin hingga lebaran ketupat sehingga personel Satuan Samapta turun langsung membantu personel Satuan Lantas," katanya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk terlebih dahulu mencari informasi terkait kepadatan lalu lintas, atau dapat juga berkaca dari kondisi dan situasi pada tahun sebelumnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024