Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melakukan penertiban kepada sejumlah anak gelandangan dan pengemis di daerah tersebut, dengan menggelar operasi penjaringan di sejumlah tempat.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Prawoto, mengatakan, keberadaan gelandangan dan pengemis di daerah itu sudah mulai meresahkan, sehingga perlu untuk ditertibkan.

Mulai pekan ini pihaknya akan melakukan penertiban secara rutin di sejumlah tempat yang ada di Kota Gorontalo. "Nanti di wilayah lainnya, seperti Kabupaten Gorontalo akan menyusul," Kata Prawoto.

Mereka yang terjaring nantinya akan mendapatkan pembinaan langsung dari para petugas sosial, dengan tujuan agar mereka tidak akan kembali melakukan aktifitasnya di jalanan lagi.

Hingga Kamis (19/9), pihak Dinas Sosial Provinsi Gorontalo telah menjaring puluhan gelandangan dan pengemis, mereka langsung dibawa ke panti sosial di Kota Gorontalo.

"Mereka ini akan kami antar ke keluarga masing-masing, atau sebaliknya mereka dijemput di panti," kata Prawoto.

Menurut Prawoto, keluarga dari para gelandangan dan pengemis itu, akan mendapatkan pembinaan khusus agar tidak membiarkan saudara, anak, atau orang tuanya sendiri melakoni aktifitas peminta-minta di jalanan. 

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013