Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ Bastrasia) memperingati Bulan Sastra dengan tema Gemerlap Cinta dalam Pentas Sastra (Gempita) di Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo.

"Kami memberikan tema itu dengan makna kita sebagai generasi muda dapat mengekspresikan keindahan dan kecintaan kita terhadap sastra," ucap Ketua Panitia Kegiatan Bulan Sastra Widyawati Bagoe di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan, Bulan Sastra merupakan kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan oleh HMJ Bastrasia yaitu pada bulan April untuk memperingati wafatnya Chairil Anwar yang merupakan sastrawan besar Indonesia serta untuk memperingati Hari Puisi Nasional.

Menurut dia Bulan Sastra dapat meningkatkan kecintaan mahasiswa atau anak-anak muda Indonesia terhadap karya-karya sastra, karena sekarang anak-anak muda atau mahasiswa yang cinta ataupun peduli terhadap karya sastra semakin berkurang.

"Sebelum pelaksanaan kegiatan ini juga kami sudah melakukan kajian tenang film sastra dari Wiji Thukul," kata Widyawati.

Peserta yang mengikuti lomba bukan hanya mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo,  tetapi juga terbuka untuk mahasiswa se-Provinsi Gorontalo.

Sampai saat ini yang sudah mendaftar berasal dari Universitas Ichsan Gorontalo dan Universitas Bina Taruna.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Gorontalo Ulfa Zakaria mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada HMJ Bastrasia dalam menyelenggarakan kegiatan itu, terutama perizinan dan sarana dan prasarana yang diperlukan.

Ia menjelaskan pihaknya juga memberikan motivasi kepada semua mahasiswa, khususnya di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menghadiri dan mengikuti lomba-lomba pada Bulan Sastra.

Ulfa mengaku bahwa kegiatan itu sebenarnya bertaraf nasional, namun karena beberapa faktor akhirnya hanya bertaraf daerah saja atau se-Provinsi Gorontalo.

Ke depan Ia akan mendukung penuh HMJ untuk melaksanakan kegiatan Bulan Sastra dan mengupayakan kegiatan itu bisa bertaraf nasional.

"Tentunya jurusan berharap kegiatan ini terus berkelanjutan dan semakin meningkat," ia menambahkan,

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024