Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo konsisten mengendalikan inflasi di daerah itu dengan menggelar beragam kegiatan ekonomi di sektor riil.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ayis Yusuf di Gorontalo, Senin mengatakan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri RI intensif menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah untuk memastikan langkah-langkah konkret khususnya dalam pengendalian inflasi Tahun 2024.

Ayis mengatakan berdasarkan hasil pelaksanaan rapat koordinasi pengendalian inflasi pada pekan kedua bulan Mei 2024, Indeks Perkembangan Harga (IPH) daerah ini masih normal dengan nilai di bawah tiga persen.

"Berdasarkan hasil zoom kami bersama Kemendagri, jika sebelumnya pada bulan April Gorontalo Utara masih berada di 10 daerah tertinggi IPH-nya, Alhamdulillah pada pekan kedua bulan Mei, IPH kita pun masih normal karena masih dapat mempertahankan nilai di bawah 3 persen.

"Sehingga dengan demikian inflasi daerah ini masih dapat dikendalikan," katanya.

Dengan kondisi perolehan nilai tersebut, pemerintah daerah terus mengapresiasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah melakukan berbagai upaya dengan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian inflasi daerah.

Upaya bersama seluruh OPD mampu melaksanakan kegiatan panen raya, operasi pasar, pasar murah dan gerakan menanam hingga ke tingkat kecamatan.

Kegiatan-kegiatan tersebut terbukti mampu mengendalikan inflasi sehingga berada pada posisi normal.

Ia berharap agar kondisi inflasi daerah saat ini dapat dipertahankan guna stabil-nya ketersediaan bahan pokok serta menjaga kestabilan harga.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024