Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Rina Polapa mengingatkan seluruh penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 untuk menjaga integritas.

"Saya berharap seluruh penyelenggara khususnya Panitia Pemungutan Suara (PPS) tersebar di 123 desa di kabupaten ini, mampu menjadi penyelenggara yang amanah, menjaga integritas dan senantiasa profesional menjunjung tinggi asas demokrasi dalam menyukseskan Pilkada di daerah ini," kata Rina di Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Ia secara khusus mengucapkan selamat kepada 369 anggota PPS terpilih yang baru saja dilantik di kabupaten tersebut.

Perempuan berjilbab itu mengatakan sangat berharap setiap anggota PPS atau seluruh penyelenggara Pilkada di setiap tingkatan untuk dapat memahami teknis penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

"Jangan sampai ada yang tidak paham regulasi maupun aturan perundang-undangan yang berlaku terkait penyelenggaraan Pilkada," katanya.

Pengalaman sengketa Pemilu 2024 yang sementara dihadapi oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) kata Rina, wajib menjadi pelajaran penting.

"Tugas menjadi penyelenggara tentu tidak ringan, namun dengan penuh tanggungjawab dan profesionalitas tinggi, pasti semuanya dapat terlaksana dengan mudah," imbuhnya.

Ketua KPU Gorontalo Utara Sofyan Jakfar resmi melantik 369 anggota PPS tersebar di 123 desa di 11 kecamatan pada Minggu (26/5).

Pelantikan tersebut berlangsung terpusat salah satu gedung komersiil di Kecamatan Kwandang.

Sofyan mengharapkan seluruh anggota PPS segera berkoordinasi dan menjalin komunikasi untuk pelaksanaan penyelenggaraan tahapan Pilkada yang sementara bergulir.

Dalam waktu dekat kata Sofyan, pemutakhiran data pemilih segera dilakukan.

"Saya berharap koordinasi dengan pihak pengawas pilkada pun dapat dilakukan optimal, demi kesuksesan seluruh tahapan," imbuhnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024