Berlin, (ANTARA/Reuters) - Bayern Munchen merekrut gelandang Portugal berusia 18 tahun Renato Sanches dari Benfica dan kapten Borussia Dortmund Maths Hummels pada Selasa (10/5), ketika sang juara Liga Jerman itu memberikan pernyataan tegas mengenai niat mereka untuk musim depan.

Klub Bavaria itu pada pekan lalu mengunci gelar Liga Jerman untuk keempat kalinya secara beruntun, namun tersingkir untuk tahun ketiga secara beruntun dari semifinal Liga Champions di bawah asuhan pelatih Pep Guardiola.

Pelatih asal Italia Carlo Ancelotti akan menangani tim pada musim depan, sedangkan Guardiola pindah ke Manchester City.

Sanches, yang oleh media Inggris kerap dikait-kaitkan dengan kepindahan ke Manchester United, akan bergabung dengan tim raksasa Jerman itu pada Juni dengan ikatan kontrak lima tahun bernilai 35 juta euro.

Hummels, yang masih akan menjalani pemeriksaan medis, akan menjadi pemain ketiga Dortmund yang bergabung dengan Bayern sejak 2013, menyusul kedatangan Mario Goetze dan Robert Lewandowski di Munich, dan kepergiannya merupakan hantaman keras bagi klub Lembah Ruhr tersebut.

Pemain internasional Jerman berusia 27 tahun itu akan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun sampai 2021.

"Kami gembira bahwa Mats Hummels memutuskan untuk bergabung dengan kami," kata ketua Bayern Karl-Heinz Rummenigge.

"Mats merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia dan bersama kami ia akan meningkatkan kualitas di tim kami."
   
Rummenigge mengungkapkan bahwa Bayern telah mengamati Sanhes selama beberapa waktu.

"Kami gembira bahwa kami dapat merekrut dia meski terdapat kompetisi dari nama-nama besar di level internasional," tuturnya.

"Renato merupakan pemain yang dinamis, memiliki tekel yang bagus, dan gelandang dengan kemampuan teknis yang akan menambah kekuatan di tim kami."
   
Gelandang bertipe "box to box" itu telah menjadi pilihan utama dalam Benfica asuhan Rui Vitoria, di mana ia telah memainkan 30 pertandingan untuk klub tersebut sejak melakukan debutnya pada Oktober.

Sanches menarik perhatian banyak pihak melalui penampilan matangnya di markas Bayern Allianz Arena, ketika kedua tim bertemu pada perempat final Liga Champions bulan lalu.

Wakil ketua Bayenr Jan-Christian Dreesen menjelaskan mengenai  biaya yang dibayarkan klubnya untuk mendapatkan Sanches, yang disebut-sebut merupakan salah satu pemain pemain muda paling menjanjikan di Eropa.

"Biaya transfer untuk pembelian internasional saat ini adalah 35 juta euro ditambah kemungkinan pembayaran-pembayaran bonus yang dapat terjadi misalnya ketika sang pemain terpilih masuk tim terbaik tahun ini atau menjadi Pemain Terbaik FIFA," kata Dreesen.

Hummels akan kembali ke Bayern hampir sembilan tahun setelah pergi dari sana, menyusul kegagalannya untuk menembus tim inti Bayern.

Ia memainkan lebih dari 200 pertandingan untuk Dortmund, dengan 46 catatan penampilan di timnas dan merupakan anggota timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014 di Brazil.  
   
Hummels membantu Dortmund memenangi gelar Liga Jerman pada 2011 dan 2012, serta Piala Jerman pada 2012. Ia juga mencapai final Liga Champions 2013 bersama klub Lembah Ruhr itu.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016