Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli menyatakan bahwa desa saat ini menjadi pusat pembangunan di daerah dan ujung tombak pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
 
"Pada tahun 2024, kondisi keuangan APBD-desa masih lebih baik dari APBD kabupaten adalah bukti bahwa pembangunan akan digerakkan dari desa menuju kota, atau dari bagian hulu menuju hilir," ucap Merlan di Gorontalo, Selasa.
 
Menurut dia, potret pembangunan perdesaan di Bone Bolango secara khusus dapat diukur dari Indeks Desa Membangun (IDM) sebesar 0.7866 tertinggi se Provinsi Gorontalo), dan persentase pengentasan desa tertinggal telah tuntas 100 persen di tahun 2023.
 
"Untuk kinerja desa membangun mengalami kenaikan sangat signifikan, dari 40 desa mandiri di tahun 2023, naik menjadi 75 desa mandiri di tahun 2024. Terbanyak se Provinsi Gorontalo," ujar dia.
 
Capaian kinerja pembangunan pedesaan itu tentu belum menjawab seluruh dinamika tuntutan pembangunan daerah saat ini. Masih tersisa pekerjaan yang harus segera ditangani. Seperti kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengangguran.
 
Merlan mengungkapkan keberhasilan capaian pembangunan di Kabupaten Bone Bolango tidak lepas dari dukungan dan bantuan berbagai pihak. Sinergi dan kolaborasi legislatif, pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam pelaksanaan pembangunan menjadi kunci keberhasilan.
 
"Atas semua itu, saya dan seluruh rakyat Bone Bolango menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wakil Ketua DPR RI bapak Rachmat Gobel yang selama ini telah banyak membantu Pemkab Bone Bolango, baik bantuan program melalui pemerintah daerah, maupun bantuan langsung untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat," ucap Bupati Merlan.*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024