Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Muara Tirta Kota Gorontalo memberikan sosialisasi penyesuaian tarif air minum kepada masyarakat di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Misi utama kami adalah untuk memberikan kepuasan pelayanan air minum secara berkesinambungan kepada masyarakat," ucap Kepala Perumdam Muara Tirta Lucky Paudi di Gorontalo, Jumat.

Pada penyesuaian tarif air minum saat ini kata dia, tidak berlaku untuk pelanggan rumah tangga golongan A atau masyarakat berpenghasilan rendah, dimana tarif yang berlaku untuk klasifikasi ini adalah tarif sebelumnya.

Untuk kubikasi pemakaian akan dihitung sesuai kubikasi riil yang digunakan, dikalikan dengan harga tarif air yang berlaku, akan tetapi jika tidak ada pemakaian air atau kubikasi nol maka akan diberlakukan biaya beban tetap.

Ia menegaskan jika pihaknya berkomitmen untuk memberikan cakupan pelayanan sebesar 100 persen pada tahun 2024 sesuai agenda sustainability development goals.

"Ini merupakan panduan utama bagi program dan strategi yang harus disiapkan oleh Perumda Air Minum Muara Tirta Kota Gorontalo," kata dia.

Berkaitan dengan itu, pihaknya telah menyiapkan rencana bisnis dan rencana induk sistem penyediaan air minum merupakan rencana jangka menengah maupun jangka panjang, yang secara keseluruhan menuntut pengerahan sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan.

"Namun demikian kondisi yang ada menunjukkan bahwa sumberdaya kami belum dapat mendukung rencana-rencana bisnis secara optimal," ujar Lucky.

Menurut dia, salah satu keterbatasan sumberdaya yang paling nyata adalah dana, dan ini ditunjukkan dengan masih tertunda beberapa rencana investasi penting, termasuk rencana pengembangan jaringan pipa distribusi dan meningkatkan tekanan air pada pelanggan yang menjadi program utama dalam peningkatan pelayanan air minum bagi pelanggan dan warga Kota Gorontalo.

Dana Perumda Air Minum Muara Tirta Kota Gorontalo yang hampir seluruhnya dihasilkan melalui penjualan air minum, dipandang masih belum cukup untuk menunjang program-program investasi berskala besar.

Dengan demikian, perencanaan keuangan merupakan salah satu strategi penting yang harus dilakukan Perumdam Muara Tirta, termasuk perencanaan penjualan air minum dan penyesuaian tarifnya yang akan berdampak langsung pada pendapatan perusahaan.

Langkah-langkah dalam meningkatkan kinerja perusahaan khususnya bidang keuangan kata dia, sudah dilakukan melalui program peremajaan peralatan mekanikal elektrikal di instalasi pengolahan air dan efisiensi penggunaan pemakaian daya listrik dan menekan biaya pegawai.

"Pada satu sisi kami harus menyesuaikan dengan kenaikan bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik, sehingga langkah penyesuaian tarif merupakan langkah akhir dikarenakan komposisi struktur tarif yang ada sudah tidak bisa menutupi biaya operasional perusahaan," kata dia.

Peningkatan pelayanan kepada masyarakat pelanggan merupakan hal paling penting bagi Perumdam Muara Tirta dengan memperhatikan seluruh elemen mulai dari hulu hingga ke hilir, mulai dari sumber air baku kedua sungai Bone dan Bolango, kemudian di lakukan pengolahan hingga distribusi ke masyarakat pelanggan melalui sistem perpipaan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024