Sejumlah 465 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah secara serentak di masing-masing kecamatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Senin mengatakan keseluruhan Pantarlih yang dilantik itu, akan bertugas di 290 Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di seluruh wilayah Bone Bolango.

"Mereka akan bertugas selama satu bulan, terhitung mulai 24 Juni sampai 24 Juli 2024," kata Sutenty.

Ia mengatakan para Pantarlih atau petugas pencocokan dan penelitian (coklit) ini, adalah orang-orang terpilih yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa, setiap kecamatan.

"Para Pantarlih ini, siap melakukan pemutakhiran data pemilih, pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati Bone Bolango tahun 2024," katanya.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mengatakan usai menjalani pelantikan secara serentak, para Pantarlih segera mengikuti bimbingan teknis, dan selanjutnya langsung melakukan coklit di lapangan.

Dikatakannya lagi, bahwa proses coklit itu tidak hanya dilakukan dari rumah masing-masing Pantarlih, melainkan dari rumah ke rumah masyarakat, sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan.

"Mereka harus datang ke rumah-rumah warga untuk melakukan coklit data dengan mekanisme sensus," kata Fadliyanto.

Ia berharap para Pantarlih yang telah dilantik dan diambil sumpah, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan mekanisme yang ada, dengan tujuan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten  Bone Bolango.***

Pewarta: Zulkifli Polimengo

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024