Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo kini memiliki Komisi Irigasi yang mempunyai tugas merumuskan rencana kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi.

"Komisi ini juga bertugas untuk merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi yang efisien bagi pertanian dan keperluan lain," kata Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli di Gorontalo, Kamis.



Ia mengatakan komisi itu merekomendasikan prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi melalui forum musyawarah pembangunan, memberikan pertimbangan mengenai izin alih fungsi lahan beririgasi.

Merlan menjelaskan melalui Komisi Irigasi akan dirumuskan rencana tata tanam yang telah disiapkan oleh dinas, instansi terkait dengan mempertimbangkan data debit air yang tersedia pada setiap daerah irigasi, pemberian air serentak atau golongan, kesesuaian jenis tanaman, serta rencana pembagian dan pemberian air.

Tugas selanjutnya, merumuskan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana, pemeliharaan dan rehabilitasi.

"Mereka juga memberikan masukan dalam rangka evaluasi pengelolaan aset irigasi. Memberikan pertimbangan dan masukan atas pemberian izin alokasi air untuk kegiatan perluasan daerah layanan jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi," kata dia.

Selain itu, memberikan masukan atas penetapan hak guna pakai air untuk irigasi dan hak guna usaha untuk irigasi kepada badan usaha, badan sosial, ataupun perorangan. Membahas dan memberi pertimbangan dalam mengatasi permasalahan daerah irigasi akibat kekeringan, kebanjiran, dan akibat bencana alam lain.



Kemudian, memberikan masukan dan pertimbangan dalam proses penetapan peraturan daerah tentang irigasi. Memberikan masukan dan pertimbangan dalam upaya menjaga keandalan dan keberlanjutan sistem irigasi.

"Komisi Irigasi juga melaporkan hasil kegiatan kepada kepala daerah mengenai program dan progres, masukan yang diperoleh, serta melaporkan kegiatan yang dilakukan selama satu tahun," kata Merlan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024