Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo melakukan upaya dalam meningkatkan partisipasi perempuan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 di daerah itu.

"Sudah sepekan ini kami mengunjungi wilayah kecamatan dalam rangka menyosialisasikan pelaksanaan pilkada serentak tahun ini. Kami menyasar masyarakat khususnya pemilih perempuan sebagai salah satu segmen yang menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan pilkada serentak," kata Komisioner KPU Gorontalo Utara Divisi Parmas dan SDM Yanti Halalangi di Gorontalo, Jumat.

Sosialisasi tersebut kata dia, bertujuan agar partisipasi perempuan pada pilkada nanti dapat lebih meningkat dari pemilu kemarin.

"Kami mengumpulkan paling sedikit 50 orang peserta pemilih perempuan dari beragam komunitas yang ada di setiap kecamatan. Mulai dari Wilayah Timur Kecamatan Atinggola dan Gentuma Raya hingga ke Wilayah Barat mulai dari Anggrek, Monano dan seterusnya hingga perbatasan. Sebanyak 11 kecamatan akan kita susuri untuk menyosialisasikan pelaksanaan pilkada serentak," kata Yanti.

Sosialisasi pilkada untuk segmen perempuan tersebut, untuk memastikan bahwa mereka sebagai pemilih benar-benar mendapatkan informasi yang tepat khususnya tentang tahapan pilkada, sehingga dapat menyampaikan pula ke pemilih lainnya.

Pihaknya menyadari, kata Yanti, peran perempuan menjadi salah satu bagian penting dalam menyosialisasikan pelaksanaan pilkada. Apalagi perempuan punya andil penting pula dalam menentukan kualitas pemimpin daerah hasil pilihan rakyat.

Sosialisasi tersebut disertai sesi diskusi terkait pelaksanaan pemilu maupun pengalaman peserta perempuan dalam pelaksanaan pemilu di daerah tersebut.

"Kami berharap sosialisasi ini mampu meningkatkan antusiasme pemilih perempuan untuk menggunakan hak pilih termasuk mengajak seluruh masyarakat pemilih untuk menggunakan haknya, serta semakin siap dan berdaya dalam menyongsong pelaksanaan pilkada baik pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati," imbuhnya.***
KPU Gorontalo Utara menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk pemilih segmen perempuan berlangsung di 11 kecamatan di Gorontalo Utara, termasuk Kecamatan Anggrek dan Monano, pada Jumat (19/7). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024