Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo kembali memprogramkan mudik gratis bagi warganya di perantauan saat menghadapi Idul Fitri.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan untuk tahun ini mudik gratis tahun 2016 jatahnya masyarakat Gorontalo yang ada di Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

"Tahun 2015 mudik khusus beberapa daerah di Sulawesi sudah pernah, jadi tahun ini gantian lagi," kata Rusli, Selasa.

Ia menambahkan, nantinya masyarakat yang ada di daerah yang sudah ditetapkan tadi dapat berkoordinasi dengan Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) maupun Lamahu Gorontalo, sebab mereka yang akan mengkoordinir nanti.

"Untuk transportasi mereka semuanya sudah disiapkan, hingga mereka tiba di Gorontalo," ujarnya.

Pada tahun sebelumnya sejak Provinsi Gorontalo terbentuk 13 tahun lalu, untuk pertama kalinya tahun 2014 Pemprov Gorontalo melaksanakan kegiatan mudik gratis.

Dimana untuk tahun pertama pelaksanaan program tersebut, masih dibatasi untuk daerah-daerah terdekat seperti Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Dengan beberapa kriteria yakni warga yang kurang mampu dan tidak mempunyai mata pencaharian tetap, serta sudah lebih dari lima tahun tidak kembali dan berlebaran dengan keluarga di Gorontalo.

"Saya berharap program ini dapat berlanjut di tahun-tahun selanjutnya, sebab mereka yang ada dirantau ada bagian dari keluarga kita," ujarnya.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016