Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Warga Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, bergotong royong menyiapkan takjil untuk berbuka puasa secara gratis selama bulan ramadhan 1437 hijriyah.

Seperti yang dilakukan jamaah masjid Agung Baiturrahim Moluo, Kecamatan Kwandang yang ada di pusat ibu kota kabupaten tersebut.

Tune Nusa, imam masjid Agung tersebut, Selasa di Gorontalo mengatakan, setiap tahun selama puasa ramadhan, pengurus masjid bersama jamaah menyiapkan aneka takjil untuk berbuka puasa bagi warga sekitar, maupun para musafir mengingat masjid ini berada di jalur trans Sulawesi.

Makanan dan minuman sebagai menu takjil berbuka puasa, merupakan sumbangan dari jamaah masjid. Minimal 10 rumah tangga secara bergiliran setiap hari, menyumbangkan takjil di masjid ini.

Pihaknya sendiri kata Tune, tidak pernah membatasi jamaah dari berbagai kalangan yang akan datang berbuka puasa. Apalagi setiap tahun menu takjil selalu berlimpah.

Bupati Indra Yasin meminta, agar pemerintah desa dan badan takmirul masjid di seluruh desa, menggelar kegiatan buka puasa bersama di seluruh masjid. "Jangan hanya terfokus di masjid kabupaten atau kecamatan saja," ujarnya.

Ia berharap, ramadhan tahun ini dapat lebih semarak, masjid-masjid semakin makmur dengan beragam kegiatan keagamaan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan umat.

Pemerintah daerah sendiri akan memulai agenda safari ramadhan di seluruh kecamatan. Selain akan membagi-bagikan takjil gratis di setiap masjid, targetnya minimal 5 masjid setiap kecamatan.

Tim safari ramadhan yang akan dibagi dua dipimpin Bupati dan Wakil Bupati, kata Indra, juga akan menggelar ceramah agama dan sholat tarawih bersama masyarakat.

Ia berharap, safari ramadhan menjadi ajang melekatkan silaturahim yang semakin baik dan berkualitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016