Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Merlan S Uloli menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2024 dari BPJS Kesehatan karena dinilai berhasil memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat di daerah itu.

Bupati Merlan S. Uloli melalui rilis yang diterima di Gorontalo, Kamis, mengatakan, pencapaian itu merupakan kerja kolektif lintas sektor yang melibatkan BPJS Kesehatan Bone Bolango, pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan Bone Bolango, Dinas Sosial Bone Bolango, pegawai di beberapa fasilitas kesehatan daerah, maupun sektor swasta dan masyarakat Bone Bolango sebagai pengguna BPJS Kesehatan.

"Alhamdulillah tahun ini Bone Bolango menerima UHC Award kategori madya. Penghargaan UHC ini jadi bentuk keseriusan kami dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Bone Bolango," ucap Merlan.

Ia mengimbau kepada seluruh petugas kesehatan di daerah itu untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bone Bolango.

"Jadi kesehatan adalah kunci keberhasilan pembangunan manusia Bone Bolango. Warga yang sehat bisa dengan mudah bekerja dan bersekolah," kata dia.

Merlan pun bertekad untuk terus memaksimalkan pelayanan dan capaian kepesertaan. Ia mengaku optimistis nantinya masyarakat Bone Bolango akan mendapatkan jaminan kesehatan yang lebih baik dan merata tanpa harus khawatir pembiayaan.

"Setiap warga Bone Bolango berhak untuk sehat dan mendapatkan pelayanan terbaik yang setara," ucap Merlan.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bone Bolango Olivia Sampouw menambahkan bahwa penghargaan itu tidak lepas dari pencapaian positif kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Bone Bolango.

Ia menyebutkan hingga bulan Agustus 2024 peserta JKN Bone Bolango sudah mencapai 96 persen dari total jumlah penduduk. "Data semester II tahun 2024 berjumlah 173.416 jiwa. Ini capaian luar biasa,” ujar Olivia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024