Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Bank Sulut Gorontalo (SulutGo) menandatangani nota kesepahaman dan meluncurkan sistem Kas Daerah "online", untuk transparansi pengelolaan keuangan di daerah itu.

Direktur Utama PT. Bank SulutGo Johannes Salibana mengatakan, Kasda Online terintegrasi dengan Sistem Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan keuangan daerah dan berdampak positif pada pelayanan publik.

Menurutnya sistem tersebut memudahkan pemerintah daerah dalam memantau transaksi keuangan, mempercepat transaksi pembayaran, serta memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan rekonsiliasi keuangan.

"Berbagai manfaat tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel," ujarnya di Gorontalo, Sabtu.

Ia optimistis bila sistem itu bekerja maksimal dan disertai pengelolaan keuangan yang baik, pemprov bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas pengelolaan keuangan daerah.

Sementara itu, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan pelayanan prima adalah kunci sukses untuk bertahan di era persaingan saat ini.

Menurutnya pelayanan prima merupakan tuntutan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh setiap instansi, ataupun lembaga pemerintahan maupun swasta dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada masyarakat.

"Penandatanganan perjanjian kerja sama Kas Daerah Online ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan Bank SulutGo, sekaligus komitmennya dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik," kata Idris.

Ia berharap, langkah Bank SulutGo itu dapat membantu aparatur pengelola keuangan daerah terhindari dari masalah dalam pengelolaan keuangan.

Wagub meminta Bank SulutGo dapat terus melakukan terobosan, inovasi, dan meningkatkan kinerjanya dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Gorontalo.

"Semoha bisa berkontribusi dalam peningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat di Provinsi Gorontalo, serta menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran," tambahnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016