Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo meluncurkan program informasi keterbukaan publik lewat Elektronik Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (EPPID).

"Data tersebut bisa diakses secara online dengan mengunjungi situs resmi milik kami www.kpupohuwatokab.go.id, yang didalamnya terdapat menu EPPID," kata Komisioner Divisi Data dan Informasi Jimmy Mangempis, Senin.

Jimmy mengaku jika keseluruhan data yang ada di KPU akan dimasukan ke situs tersebut. Terkecuali yang memang ditetapkan untuk tidak bisa diketahui publik.

"Misalnya informasi pribadi seseorang dan data lain yang bersifat membahayakan Negara," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga masih secara bertahan memasukan seluruh data KPU ke situs. Sebab sejak tahun 2004 hingga 2016 secara menyeluruh akan digitalisasi.

"Jika data sudah tidak ada yang dalam bentuk file, maka akan dilakukan foto copy sebelum diinput ke situs. Namun jika data yang sudah dalam bentuk file maka langsung diinput," katanya.

Kemudian bukan hanya dalam bentuk situs untuk keterbukaan informasi yang KPU Kabupaten Pohuwato berikan. Melainkan data tersebut bisa langsung diminta di kantor KPU .

"Jika masyarakat tidak menemukan data publik di situs KPU maka bisa langsung datang ke kantor. Di sana pasti lebih lengkap. Karena kemungkinan ada data yang belum sempat kami masukan ke situs tersebut," tambahnya.

Ia berharap dengan hadirnya ketebukaan informasi publik tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan data-data kepemilihan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016