Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Sofyan Jakfar menjadi salah satu pembicara pada kegiatan Latihan Pra Operasi (LatraOps) Kepolisian Kewilayahan 'Mantap Praja Otanaha 2024' yang digelar Kepolisian Resor (Polres) setempat.

"Kami diundang pihak Polres Gorontalo Utara sebagai pembicara pada LatraOps dalam rangka tahapan pengamanan pilkada," kata Sofyan di Gorontalo, Rabu.

Ia banyak mengurai tentang jadwal tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 baik  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, juga Bupati dan Wakil Bupati khusus di kabupaten itu.

Menurutnya materi yang disampaikan fokus pada tahapan-tahapan yang memerlukan pengamanan ekstra.

Mulai dari tahapan pencalonan, kampanye, distribusi logistik, pungut hitung, rekapitulasi dan penetapan hasil.

"Kami memerlukan dukungan pengamanan ekstra untuk tahapan-tahapan tersebut. Hal ini kita uraikan dalam LatraOps untuk memudahkan koordinasi dan saling sinergi dalam penguatan pengamanan pada pilkada serentak di daerah ini," katanya.

Pihaknya meyakini kata Sofyan, koordinasi yang optimal dan melekat tentu akan memudahkan proses pengamanan pada pelaksanaan pilkada di Wilayah pesisir tersebut.

Mengingat Gorontalo Utara menjadi salah satu kabupaten satu-satunya di Utara Provinsi Gorontalo dengan kondisi geografis yang memanjang dari Timur di Kecamatan Atinggola hingga ke Barat Kecamatan Tolinggula. Bahkan dari 123 desa di 11 kecamatan, 78 di antaranya merupakan desa pesisir dan lima di antaranya ada di Wilayah kepulauan.

"Keunikan Wilayah kabupaten ini yaitu antar wilayah kecamatan cukup berjauhan, sehingga pengamanan ekstra untuk beberapa tahapan sangat diperlukan," kata Sofyan.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024