Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut pengemudi ambulans memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam penanganan darurat medis.
"Pengemudi ambulans adalah pahlawan kemanusiaan yang bekerja tanpa mengenal waktu," ujar Bupati Nelson usai mengunjungi sekretariat Persaudaraan Pengemudi Ambulance Indonesia (PPAI) Kabupaten Gorontalo, Senin.
 
Ia menegaskan bahwa profesi tersebut membutuhkan keahlian khusus dan tanggung jawab yang besar, mengingat mereka harus memastikan keselamatan pasien, tim medis, dan ambulans itu sendiri selama perjalanan.
 
"Mereka menghadapi risiko tinggi dalam menjalankan tugasnya, seperti harus mengemudi dengan cepat dan membuat keputusan sulit dalam situasi darurat," kata Nelson.
 
Untuk mendukung kinerja PPAI, Bupati Nelson mengusulkan pemberian Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus bagi anggotanya. Selain itu ia juga mendorong seluruh pihak terkait untuk memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan PPAI.
 
Dalam rangka HUT ke-5, PPAI Kabupaten Gorontalo juga menggelar berbagai kegiatan, antara lain sosialisasi tata tertib ambulans bersama Dinas Kesehatan dan Bimbingan Masyarakat (Bimas) Polda Gorontalo, pelantikan pengurus DPD PPAI Kabupaten Gorontalo, serta sosialisasi penggunaan sirine ambulans kepada masyarakat.
 
Turut Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Ismail Akase, Ketua DPW PPAI Gorontalo, Pengawas DPW PPAI, tim bersama tim RPAI Sulut, Ketua bersama tim AERI Sulawesi Utara, serta tim humas IEA Minsel.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024