Sebanyak 20 peserta mewakili Provinsi Gorontalo pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang digelar di Maluku Utara pada 31 Agustus 2024.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Masjrul Janto Usman, Rabu, mengatakan KSM merupakan gelaran nasional yang dilaksanakan Kementerian Agama RI sebagai wahana membangun kompetisi sains di kalangan siswa madrasah.

"Dengan tagline baru madrasah 'Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia', maka pelaksanaan KSM tahun ini mempunyai beberapa distingsi," ucap dia.

Hal itu di antaranya adalah kompetisi yang menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai pertimbangan penilaian. Sehingga tahun ini KSM berupaya mengelaborasi sains, budaya, dan teknologi dengan konteks nilai-nilai Islam.

"KSM tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana sudah terdapat cabang lomba yang diikuti dengan beregu. Dan Insya Allah kontingen Gorontalo akan memberangkatkan 20 siswa," kata dia.

Masjrul menjelaskan, seluruh peserta dari Provinsi Gorontalo untuk KSM tingkat nasional di Maluku Utara telah mengikuti seleksi mulai dari madrasah, Kemenag kabupaten/kota sampai dengan tingkat provinsi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Muflih B. Fattah memberikan dukungan penuh kepada kontingen KSM Provinsi Gorontalo.

Ia berharap dukungan itu bisa memberikan dampak positif pada seluruh peserta dengan harapan kontingen Gorontalo bisa memperoleh juara terbaik dan membawa nama baik madrasah di Provinsi Gorontalo.

“Mohon kepada kita semua untuk terus memberikan perhatian khusus dan dukungan pada anak-anak kita, semoga kehadiran kita semua menjadi satu hal yang sangat baik bagi mereka, dan bisa menorehkan medali yang bisa mengharumkan nama madrasah Gorontalo di kancah nasional," kata dia.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024