Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo menggelar pelatihan kewirausahaan bagi 20 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu.

Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Bone Bolango, Jumat, mengatakan pelaku UMKM merupakan salah satu pondasi ekonomi kerakyatan yang harus dijaga ketahanannya.

"Karena geliat pelaku UMKM ini akan berdampak pada terbangunnya ekosistem tataniaga komoditas lokal, terkoneksinya rantai pasok, serta menumbuhkan ekonomi masyarakat di pedesaan," kata Merlan S. Uloli saat membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan baru yang digelar di Galeri Center Point Bone Bolango.

Merlan mengatakan Iwapi Bone Bolango berinisiatif meningkatkan kapasitas pelaku usaha melalui pelatihan dan pemberian bantuan usaha. Dirinya pun berharap setelah pelatihan tersebut para pelaku UMKM di Bone Bolango mampu berinovasi.

"Misalkan menciptakan variasi rasa, kemasan, atau bahkan pengembangan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Inovasi yang tepat dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan," ujar Merlan yang juga Ketua Iwapi Bone Bolango itu.

Menurut Merlan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan dan pendidikan akan membantu para pelaku usaha dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih baik.

"SDM yang berkualitas dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, yang berujung pada peningkatan keuntungan," ucap dia.

Sementara itu ketua panitia pelatihan UMKM, Misnawaty Wantogia menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut ialah untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas peserta pelatihan dalam membuat roti dan kue.

Selain itu, ia juga menambahkan Iwapi Bone Bolango ingin meningkatkan kemandirian para pelaku UMKM dalam menopang ekonomi keluarga serta bisa meningkatkan jiwa kewirausahaan untuk pengembangan usaha.

"Untuk pelatihan ini akan dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh 20 orang peserta dari beberapa kecamatan yang ada di Bone Bolango. Para peserta akan diberikan materi dan praktik teknik membuat adonan roti yang enak dan berkualitas dengan penggunaan mesin atau alat bantu sesuai prosedur dan langkah kerja yang benar," kata dia.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024