Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengaku siap membantu pendidikan lanjutan bagi dokter-dokter umum yang akan mengambil jalur spesialis yang bekerja di daerah itu.

"Kalau ada dokter yang hendak melanjutkan pendidikan spesialis, silahkan sampaikan ke pemkab, kami akan membantunya," kata bupati saat mengunjungi Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Toto Kabila belum lama ini.

Hanya saja para dokter yang hendak melanjutkan pendidikan spesialis itu, harus siap kembali mengabdi di daerah itu, terutama membantu pelayanan medis bagi masyarakat.

"Jangan sampai pemkab sudah membantu pendidikannya, baik itu beasiswa ataupun bentuk lainnya, tetapi mengabdi di daerah lain, tentunya daerah rugi," katanya.

Menurutnya, jika pendidikan spesialis telah selesai, wajib mengabdi di daerah itu dengan meneken kontrak dengan pemkab minimal 10 tahun berada di daerah itu.

Bahkan ada tiga dokter dari luar daerah siap mengikuti pendidikan lanjutan spesialis dibiayai pemerintah tersebut, dan akan mengabdi di Bone Bolango.

Bupati mengakui kalau Kabupaten Bone Bolango memang kekurangan tenaga dokter spesialis, padahal mereka sangat dibutuhkan untuk membantu pelayanan kesehatan di daerah itu.

Sebelumnya, sejumlah dokter umum dan perawat mengapresiasi kunjungan bupati ke RSUD itu, sekaligus melihat kondisi atau fasilitas yang tersedia.

Bahkan bupati telah berjanji untuk meninjau rumah sakit itu dua bulan sekali, dengan mengakomodir semua keluhan dan kebutuhan medis yang ada.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016