Penjabat Bupati Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mendukung percepatan program listrik masuk kepulauan di wilayah tersebut.

"Saya sangat mendukung program listrik masuk wilayah kepulauan mengingat dari dua pulau berpenghuni di daerah ini, satu di antaranya belum menikmati fasilitas penerangan listrik yaitu Pulau Dudepo di Kecamatan Anggrek," kata Sila di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan hal tersebut usai melakukan pertemuan dengan General Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN Wilayah Gorontalo Izbet Alighorky yang berlangsung di ruang kerja bupati.

"Saya menerima kunjungan Pak Izbet dan jajaran. Kabar gembira program listrik segera masuk Pulau Dudepo tentu sangat kami syukuri," kata Sila.

Pemerintah daerah kata dia, tentu sangat merespon program ini sebab Pulau Dudepo belum memiliki penerangan listrik hingga saat ini.

"Pemerintah daerah sangat mendukung dan saya siap membantu kelancaran program ini baik terkait perizinan dan prosedur yang akan berjalan selama menjadi kewenangan kami. Saya sangat berharap Pulau Dudepo segera menikmati penerangan listrik," katanya.

Menurutnya penerangan listrik pasti berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Pulau Dudepo yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan petani.

Program pelayanan publik di bidang pendidikan dan kesehatan serta lainnya, juga diyakini Sila, akan semakin mulus dengan adanya suplai energi listrik.

Pulau Dudepo merupakan salah satu Wilayah Kepulauan di kabupaten tersebut dengan status desa. Dudepo ada di Wilayah Kecamatan Anggrek.

Terdapat dua pulau berpenghuni dari 52 pulau yang ada. Selain Pulau Dudepo, ada juga Ponelo Kepulauan yang berstatus Wilayah kecamatan.

Pulau berpenghuni 4.400 jiwa tersebut, telah dialiri listrik sejak Tahun 2013 lalu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024