Rachmat Gobel melalui PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meluncurkan bantuan program pelatihan bahasa Inggris sebagai wujud komitmen partisipasi perusahaan dalam pembangunan Gorontalo yang selaras dengan Visi 2051.

"Tahun ini merupakan tahun ketiga kami berkiprah dalam mengembangkan Pelabuhan Anggrek. Oleh karenanya, kami melaksanakan serangkaian program sosial dan lingkungan yang mencakup pelatihan bahasa Inggris, kesempatan magang, pemberian santunan kepada anak yatim, donor darah, serta berbagai kegiatan sosial lainnya bagi masyarakat Gorontalo Utara," kata Ketua dan Pemegang Saham Gobel Grup, Rachmat Gobel dalam keterangannya yang diterima di Gorontalo, Minggu.



Program ini merupakan wujud implementasi komitmen berkelanjutan PT AGIT sebagai pengembang Pelabuhan Anggrek di Kecamatan Anggrek, untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan, kesempatan kerja, dan kesejahteraan lingkungan.

AGIT dalam menjalankan program pengembangan Pelabuhan Anggrek, kata Rachmat, berkomitmen untuk memastikan bagaimana aktivitas industri bisa berjalan beriringan dengan pembangunan manusia. Hal ini tercermin pada Visi 2051 yang memvisualisasikan Gorontalo sebagai pusat ekonomi yang berkembang pesat, dimana masyarakat Gorontalo memiliki peranan sentral dalam pembangunan ekonomi daerahnya.

Maka dari itu, melalui pelatihan bahasa Inggris ini, pihaknya berharap dapat memperkuat literasi anak muda Gorontalo, termasuk cakap dalam berbahasa asing agar mereka di masa depan dapat mengambil peran untuk membangun ekonomi daerahnya.

Bekerja sama dengan English Care sebagai lembaga khusus yang menyediakan pelatihan bahasa Inggris, program ini menyasar 60 siswa agar lebih percaya diri berbicara bahasa Inggris secara aktif.

Mereka diberi delapan sesi pelatihan yang meliputi kemampuan berbicara, membaca, menulis. Pelatihan ini dikemas dengan cara yang menyenangkan, yaitu 80 persen orientasi pembelajaran yang berfokus pada praktik percakapan sehari-hari. Paket pelatihan ini disediakan secara gratis melalui delapan modul pelatihan.

Rachmat mengatakan bahwa sebagai program keberlanjutan dari pelatihan bahasa Inggris, PT AGIT akan memberikan kesempatan magang bagi 10 siswa terbaik berdasarkan penilaian hasil akhir pelatihan dan tingkat partisipasi mereka.



Para siswa terpilih diberi kesempatan magang di berbagai departemen PT AGIT selama satu hingga tiga bulan dan berhak mendapatkan uang saku setiap bulan.

Selain itu, mereka akan dibimbing oleh mentor profesional yang akan membantu mengembangkan keterampilan yang relevan dengan studi vokasi mereka.

"Tak hanya itu, siswa magang yang menunjukkan prestasi luar biasa, diberikan peluang untuk bekerja penuh waktu di PT AGIT setelah lulus nanti," kata Rachmat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024