Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilakukan dengan mengibarkan bendera tiga (Tri) Matra di bawah laut berlokasi di Pantai Wisata Hiu Paus Kelurahan Botubarani Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Minggu.


Pengibaran bendera TNI Tri Matra yaitu TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU) di bawah laut tersebut dilakukan bersamaan dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 200 meter di pesisir pantai tersebut.

Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Hari Pahawantoro mengatakan pengibaran bendera tersebut merupakan simbol dari jiwa korsa, semangat kebangsaan dan komitmen untuk menjaga kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bendera merah putih yang dikibarkan adalah lambang dari tekad yang bulat dan perjuangan tanpa pamrih dari seluruh prajurit TNI, baik di darat, laut, maupun udara, yang tergabung dalam Tri Matra untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Peringatan HUT Ke-79 TNI tahun ini, mengangkat tema "TNI modern bersama rakyat siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju". Hal itu dikatakan Danrem dalam sambutannya.

Danrem mengatakan Gorontalo begitu banyak potensi wisata laut yang baik dan luar biasa, sehingga peringatan HUT kali ini diwarnai dengan kegiatan pengibaran bendera di bawah laut.

"Kita mengibarkan bendera merah putih dan bendera tiga matra sekaligus," katanya.

Ia berharap ke depan seluruh elemen bangsa tetap bersinergi untuk Indonesia maju, dan kegiatan tersebut menjadi pengalaman yang sangat luar biasa yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia kecuali di Gorontalo.
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilakukan dengan mengibarkan bendera tiga (Tri) Matra di bawah laut berlokasi di Pantai Wisata Hiu Paus Kelurahan Botubarani Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Minggu (29/9). (ANTARA/HO-Penrem 133/Nani Wartabone)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024