Tak butuh waktu lama bagi realme menghadirkan inovasi dan merilisnya ke pasar ponsel pintar, terbaru realme mengenalkan ponsel pintar di number series ke Indonesia melalui realme 13 Pro 5G series.

Kali ini realme 13 Pro 5G series diperkenalkan dengan dua pilihan yaitu realme 13 Pro 5G dan realme 13 Pro+ 5G yang hadir dengan tampilan terinspirasi dari karya-karya pelukis legendaris Monet mempertahankan sisi elegan yang ikonik dari ponsel pintar itu.

Salah satu peningkatan yang dibawa pada ponsel pintar ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya ialah kehadiran sensor ganda dari SONY yang membuat ponsel di kelas mid-range ini menawarkan pengalaman fotografi yang terasa profesional.

Dua sensor itu meliputi sensor SONY LYT 701 untuk kamera utama 50 MP dan SONY LYT 600 untuk kamera periskop yang juga berukuran 50 MP, masing-masing kamera itu juga telah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) sehingga ketika berperforma hasil jepretan bak profesional dapat tercipta.



Hasil jepretan itu kemudian ditingkatkan lagi dengan hadirnya realme HYPERIMAGE+ Camera system yang merupakan arsitektur fotografi berbasis kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI).

ANTARA berkesempatan untuk merasakan langsung pengalaman dari peningkatan paduan kamera dan AI yang dibawa ke realme 13 Pro+ 5G dan berikut ulasan lengkapnya dimulai dari performa kameranya.

Paduan lensa ciamik dan AI cerdik

Satu impresi yang langsung muncul ketika pertama kali menjajal paduan dua sensor SONY di realme 13 Pro+ 5G dengan kamera ganda 50 MP-nya ialah luar biasa.

Kata-kata itu bukannya berlebihan, karena pada pertama kali mencobanya ANTARA menggunakan ponsel ini di malam hari dengan memanfaatkan mode NIGHT tanpa melakukan pengaturan apapun.

Hasilnya realme 13 Pro+ 5G mampu menghadirkan foto yang jelas dan terasa sangat estetik dari sebuah suasana di stasiun kereta walaupun penerangan yang ada terbilang minim.
 
Tampilan foto dengan mode NIGHT yang dihasilkan oleh kamera realme 13 Pro+ 5G. Kiri foto tanpa filter, kanan foto dengan filter "Pink and Teal" (ANTARA/Livia Kristianti)

Di dalam mode NIGHT tersebut, pengguna ponsel juga bisa mencoba beberapa filter yang sudah disediakan oleh realme terdiri dari filter Golden, Warm and Cool, Pink and Teal, serta Night City.

Filter-filter ini sepertinya dirancang mengikuti selera generasi muda sehingga ketika diaplikasikan foto-foto yang dihasilkan pun terasa semakin estetik.


 


Foto di malam hari juga terlihat bekerja dengan baik ketika mode PHOTO biasa dipadukan dengan filter Food yang berhasil menangkap detail makanan meski pencahayaan di restoran tak terlalu mendukung. Bisa dibilang sistem kamera HYPERIMAGE+ juga memperkuat setiap detail tersebut.

Pemanfaatan HYPERIMAGE+ juga memungkinkan pengeditan yang mudah lewat "AI Smart Removal" untuk menghapus beberapa objek yang dirasa mengganggu. Hasil perpaduan untuk kecanggihan HYPERIMAGE+ menunjukkan detail dan menghapus objek dapat dilihat pada foto berikut ini.
 


Pengalaman fotografi yang terasa bak profesional ini terus berlanjut ketika dua sensor SONY di dalam realme 13 Pro+ 5G digunakan untuk mengabadikan momen penting pernikahan salah satu kolega saya.

Untuk sensor SONY LYT 701 yang mendukung kamera utamanya sensor ini bekerja dengan sangat baik mengabadikan momen di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup.

Tetap berfokus pada objek foto yang diinginkan, lensa ini mampu menangkap setiap detail objek lain hingga warna yang mirip dengan aslinya. Dengan OIS yang disematkan, foto yang dihasilkan tidak buram meski jepretan dilakukan dari jauh.
 


Sementara untuk sensor SONY LYT 600 tak perlu lagi dipertanyakan performanya, sebagai lensa periskop kamera ini juga bekerja dengan sangat memuaskan.

Terutama saat mode portrait digunakan, efek dramatis dari bokeh dan objek tidak terasa berlebihan dan terasa sangat natural. Bahkan bisa mengabadikan momen penting terasa lebih hidup untuk bisa dikenang.


   


Membahas kemampuan lainnya dari ponsel pintar ini, kemampuan HYPERIMAGE+ lainnya yang juga menarik untuk dimanfaatkan ialah fitur AI Group Photo Enhance.

Fitur ini terbilang sangat berguna untuk orang yang kerap mengabadikan momen dengan lebih dari satu objek karena mampu memberikan detail pada foto dengan banyak objek di dalamnya terutama ketika foto diambil sembari bergerak, hal-hal seperti foto blur dapat diminimalisir.

Bisa dilihat dari hasil foto yang didapatkan ketika fitur AI Group Photo Enhance digunakan dalam peliputan, detail yang diberikan untuk setiap objek cukup terfokus dan bisa terlihat jelas meski pengguna mengambil foto ini dalam waktu singkat dan sedikit bergerak.
 

Untuk performa kamera depannya, meski hanya 32 MP namun hasil yang diberikan tak kalah menarik, memberikan detail yang cukup bahkan untuk detail-detail motif di baju terekam dengan baik. Ketika mode PORTRAIT digunakan, pengguna juga bisa menambah kesan estetik yang tidak berlebihan.
 

Performa keseluruhan

Dari sisi dapur pacu, sebenarnya realme 13 Pro+ 5G tidak membawa perubahan dibandingkan generasi sebelumnya karena sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2.

Dengan chipset ini, tak terasa ada masalah yang berarti untuk pengoperasian gim arcade seperti "PAC-MAN" maupun untuk mengakses aplikasi-aplikasi lainnya. Layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz juga nyaman di mata dengan memberikan visual yang jelas dan tidak patah-patah.

Untuk ketahanan daya, realme 13 Pro+ 5G memiliki baterai yang besar 5200 mAh yang bisa dimanfaatkan untuk penggunaan seharian.

Baterai ini cukup tahan lama untuk penggunaan seharian untuk bekerja dimulai dari pukul 08.00 WIB dengan tugas mengakses perekaman audio, mengambil foto, mengakses browser, media sosial, aplikasi pesan instan, menonton YouTube, hingga mendengarkan lagu dari Spotify dan menyisakan baterai hingga 37 persen di akhir hari hingga pukul 19.00 WIB.

Untuk penggunaan kamera yang cukup lama, durasi baterai dari realme 13 Pro+ 5G juga terbilang masih bisa ditolerir. Penggunaan kamera terus menerus selama hampir sekitar 1,5 jam untuk foto dan video di dalam ruangan, ponsel ini tak terasa begitu panas dan masih menyisakan baterai sekitar 30 persen hingga sore hari.

Kesimpulan

Apabila Anda menginginkan ponsel mid-range namun membutuhkan kemampuan fotografi yang mumpuni dengan hasil profesional realme 13 Pro+ 5G sangat cocok untuk dimiliki.

Setiap detail foto yang dihasilkan dari lensanya memberikan hasil yang terbilang natural dan mirip 95 persen dengan aslinya dengan sedikit perbedaan pada pencahayaan tergantung angle pengambilan foto.

Meski demikian, semua itu masih bisa diperbaiki dengan adanya sistem kamera HYPERIMAGE+ yang mampu meningkatkan hasil fotografi ke level berikutnya.

Realme 13 Pro+ sudah bisa didapatkan di Indonesia dengan harga Rp 6.099.000 untuk RAM 8GB+8GB dan ROM 256GB, lalu dengan harga Rp6.599.000 untuk RAM 12GB+12GB dengan ROM 512GB.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: realme 13 Pro+ 5G, pengalaman fotografi rasa pro disempurnakan AI

Pewarta: Livia Kristianti

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024