Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan Pemkab Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama mengenai pasokan cabai rawit dan cabai keriting.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bone Bolango Budiyanto Sidiki di Gorontalo, Selasa, mengatakan hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi di daerah itu.

"Kabupaten Parigi Moutong ini sebagai salah satu daerah agraris di Sulawesi Tengah dengan sektor pertanian memegang peranan penting dalam roda perekonomian," ucap Budiyanto.

Ia menjelaskan Kabupaten Parigi Moutong memiliki komoditas cabai rawit dan cabai keriting dengan hasil panen per tahun mencapai kurang lebih 148 ribu kuintal dan telah menembus pasar di luar daerah,

Kabupaten Bone Bolango pada September 2024, kata dia, sempat mengalami kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok, yang berdampak juga pada kenaikan inflasi di daerah tersebut. Untuk itu Pemkab Bone Bolango bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah melakukan kerja sama itu.

Ia menguraikan prinsip dari kerja sama tersebut dilakukan jika cabai di Bone Bolango maupun Gorontalo defisit maka pihaknya akan mendatangkan persediaan dari Kabupaten Parigi Moutong.

"Sifat dari kerja sama ini dilakukan dalam jangka panjang dan berkelanjutan," ujarnya.

Penjabat Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo Djanggola merespons baik kerja sama tersebut. Ia mengungkapkan, hal itu menjadi bukti semangat gotong royong kedua daerah dalam rangka pemenuhan komoditas cabai hingga beras.

"Insya Allah dengan kerja sama ini kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi," harap dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024