Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menerima penghargaan atas kepedulian dalam pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia, serta kesukarelawanan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk tugas kemanusiaan, yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa.

Kepala Markas PMI Provinsi Gorontalo Yusuf S Puhi menjelaskan, gubernur yang juga menjabat sebagai ketua PMI Provinsi Gorontalo, dinilai berhasil dalam pengembangan kesukarelawanan PMI.

"Kita punya ribuan sukarelawan yang mendukung kegiatan pelayanan kepalangmerahan di Gorontalo," kata Yusuf.

Penyerahan penghargaan itu di kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja VIII Tingkat Nasional di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.

Penerima penghargaan itu, selain Gorontalo juga ada beberapa daerah lainya seperti Sulsel, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Kemudian Bupati Malang, Sleman, Pangkep, Direktur Utama Lion Air, Direktur Utama Maspion dan Direktur Semen Tonasa.

Dijelaskan untuk Palang Merah Remaja (PMR) terdiri mulai dari SD sampai SMA/SMK itu ada sekitar 2.106 orang, sementara di tingkat perguruan tinggi ada sekitar 324 orang, dan tenaga sukarela lainya berjumlah sekitar 428 orang.

Gorontalo sendiri pada kegiatan Jumbara PMR VIII Tingkat Nasional, mengutus kurang lebih 109 orang, utusan dari setiap kabupaten/kota yang didampingi masing-masing pengurusnya.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilaksanakan pula penandatanganan Nota Kesepahaman antara PMI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan tentang pembinaan dan pengembangan kegiatan kepalangmerahan di satuan pendidikan.

Penandatangan MoU juga dilakukan PMI bersama BNN tentang penyalahgunaan narkoba dalam rangka darurat narkoba di Indonesia, utamanya di kalangan remaja.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016