Debat pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, akan berlangsung sebanyak tiga kali.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo sekaligus ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, SDM serta Partisipasi Masyarakat Opan Hamsah di Gorontalo, Sabtu mengatakan pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan debat paslon dalam pemilihan gubernur tersebut.

Debat pertama akan berlangsung pada 25 Oktober, dilanjutkan debat kedua pada 10 November dan debat ketiga pada 20 November 2024.

"Kami akan menyampaikan jadwal ini kepada seluruh pasangan calon melalui penghubung atau LO masing-masing," katanya usai memimpin rapat koordinasi internal yang dihadiri oleh KPU kabupaten/kota bersama pihak Sekretariat se Provinsi Gorontalo, berlangsung di kantor KPU Gorontalo Utara.

Selain membahas tentang persiapan debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, pihaknya juga membahas debat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

Sinkronisasi jadwal dilakukan agar tidak tabrakan antar kabupaten dan kota, baik teknik pelaksanaan debat, tata tertib dan aturan main dalam debat.

Rapat koordinasi juga membahas tentang jadwal rapat umum atau kampanye terbuka, menyangkut sinkronisasi jadwal rapat umum agar tidak tabrakan antara paslon gubernur, maupun paslon bupati/wali kota.

Termasuk terkait aturan main pelaksanaan rapat umum, khususnya menyangkut pergerakan massa ke titik lokasi serta pengamanan.

Opan mengatakan pembahasan sosialisasi pilkada juga dilakukan untuk menyepakati teknis sosialisasi agar tepat sasaran, khususnya dalam sinkronisasi jadwal.

"Kami juga tidak luput membahas tentang pemuatan iklan kampanye melalui media massa, baik cetak, elektronik dan media online," imbuhnya.
 
KPU Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi internal yang dihadiri oleh KPU kabupaten/kota bersama pihak Sekretariat se Provinsi Gorontalo, berlangsung di kantor KPU Gorontalo Utara. (ANTARA/HO-Humas KPU Provinsi Gorontalo) (KPU Provinsi Gorontalo)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024