Sebanyak 50 siswa antusias mengikuti program Remaja Cakap (Recak) Digital di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (17/10/2024). Pelaksanaan program Recak Digital dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Gorontalo, Zakiya Baserewan.

“Saya senang sekali bisa mengikuti program Recak Digital ini. Saya memperoleh bekal pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital secara bijak,” ujar Afra Amatullah Bauna, siswa Kelas XII MAN 1 Limboto.

Afra mengakui, Recak Digital sangat membantu para remaja di tengah maraknya penggunaan media sosial dan perangkat digital. Menurutnya, materi Recak Digital telah memberikan pemahaman dan membuka wawasan para siswa untuk menjaga data dan privasi, menghindari informasi palsu, serta berperilaku baik di dunia maya.

“Saya akan mengajak teman-teman lainnya untuk mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh pada Recak Digital ini. Harapan saya, para remaja harus mampu menjadi agen perubahan yang mendukung lingkungan digital yang sehat dan aman,” tuturnya.

Sementara itu Kepala MAN 1 Limboto, Marci A. Kasim, menyampaikan tekadnya untuk menindaklanjuti kegiatan Recak Digital dengan program sekolah yang melibatkan seluruh siswa. Seperti halnya melalui kegiatan ekstrakurikuler multimedia yang mempraktikkan pembuatan konten foto dan video.

“Kami akan berusaha Recak Digital tidak terputus sampai hari ini. Kami akan melaksanakan kegiatan berkelanjutan, apalagi para siswa sangat senang menerima materi dari Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo,” kata Marci.

Recak Digital adalah program Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo yang bertujuan menyosialisasikan penggunaan internet dan media sosial dengan baik, benar, dan bertanggung jawab di kalangan pelajar. Tahun ini Recak Digital akan dilaksanakan di enam SMA sederajat di Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024