Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Investor Belanda ingin mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan di wilayah Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Bupati Indra Yasin di Gorontalo, Rabu mengatakan, Pemerintah Daerah telah menerima secara resmi kedatangan para investor tersebut yang fokus membahas potensi pertanian serta struktur tanah yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Kerja sama yang akan dibangun dengan pihak investor Belanda ini kata bupati, merupakan tindak lanjut kerja sama Utara-utara yang dibangun Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bersama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Gorontalo Utara memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang sangat besar, khususnya di wilayah Kepulauan Ponelo," katanya.

Sejak dulu, padi ponelo harum sangat terkenal, jagung dan cabai rawit pun tumbuh subur di pulau berpenghuni empat ribu jiwa ini.

Maka Pemerintah Daerah membuka peluang kerja sama dengan investor asing khususnya dari Belanda, yang difasilitasi melalui kerja sama Utara-utara.

Kerja sama tersebut kata bupati, akan diawali dengan penelitian tentang potensi pertanian serta struktur tanah di wilayah kepulauan, untuk mengetahui metode, pola tanam dan tanaman yang paling cocok dikembangkan.

Pihak investor pun kata bupati, berencana mendukung program pemberdayaan kelompok tani wanita agar bisa terlibat langsung dalam pengembangan potensi di sektor pertanian.

Rencananya, penelitian yang akan dipimpin Frank Berding dari Belanda, akan dilakukan selama 12 hari dan hasilnya akan dijadikan bahan kajian terkait pengembangan potensi di wilayah kepulauan tersebut.

Terdapat dua pulau berpenghuni di kabupaten ini, yaitu Pulau Ponelo dan Pulau Dudepo di Kecamatan Anggrek.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016