Banjir arus deras melanda Wilayah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo pada Senin malam mulai pukul 22.00 WITA.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango Achril Y. Babyonggo mengatakan banjir dipicu hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang terjadi sejak pukul 17.00 WITA.

Ketinggian banjir mencapai lutut orang dewasa namun air mengalir sangat deras dengan membawa material bebatuan besar dan lumpur.

"Debit air berasal dari saluran warga dan dihadang sedimen pada muara sungai yang sudah sangat tinggi menyebabkan terjadinya luapan air disertai material bebatuan dan lumpur," kata Achril.

Berdasarkan laporan warga, air mulai meluap sejak pukul 20.00 WITA, dan menggenangi permukiman warga.

"Arus air pun sangat deras menyebabkan banyak barang milik warga ikut hanyut," katanya.

Saat ini pihaknya melakukan langkah kesiapsiagaan, yaitu melalui Pusdalops BPBD kabupaten meneruskan informasi peringatan dini serta prakiraan cuaca untuk diteruskan kepada pihak terkait di kabupaten hingga kecamatan dan masyarakat.

Lokasi dan warga terdampak yaitu Kecamatan Kabila Bone di Desa Huangobotu dan Desa Biluango. Serta Kecamatan Suwawa Selatan di Desa Libungo.

Saat ini petugas Kepolisian dan TNI di Wilayah setempat, serta personel Tagana dan aparat pemerintah kecamatan dan desa, sementara membantu warga untuk dievakuasi di tempat aman mengingat banjir arus deras sangat beresiko menyebabkan warga hanyut.

Pihaknya pun kata Achril, sementara melakukan upaya penanganan seperti melakukan manajemen darurat dengan pemantauan dan perbantuan pertolongan kepada kelompok rentan.

BPBD juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan pihak pemerintah kecamatan dan desa untuk melakukan pendataan korban dan infrastruktur terdampak.

Akses jalan Lintas Sulawesi di Desa Huangobotu yang menghubungkan dengan Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara, juga belum bisa dilewati karena arus sangat deras disertai material bebatuan dan lumpur.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024