Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, mengusulkan pembangunan jembatan penghubung antara wilayah Kepulauan Ponelo dengan daratan di kabupaten tersebut.

Anggota F-PAN, Roni Imran, mengatakan, pembangunan jembatan tersebut diharapkan terealisasi pada tahun anggaran 2014 nanti, untuk mempermudah rentang kendali pemerintahan dan pembangunan di wilayah potensial tersebut.

"Kita sudah menghitung, kebutuhan anggaran untuk pembangunan jembatan ini diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp15 miliar," ungkap Roni.

Menurutnya, dengan sistem penganggaran yang tepat dipastikan realisasi jembatan yang telah lama diaspirasikan masyarakat akan terwujud.

Kendala transportasi laut yang sangat minim kata Roni, sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di wilayah kepulauan yang kaya akan potensi perikanan, kelautan dan pertanian tersebut.

Keberadaan jembatan tersebut, akan mempermudah akses pengangkutan sumber daya alam termasuk memudahkan pemerintah daerah merealisasikan pembangunan di wilayah tersebut.

Diantaranya, pembangunan instalasi air modern, pengembangan bibit padi Ponelo Harum serta mewujudkan Ponelo sebagai kawasan desa wisata.

F-PAN sendiri optimistis aspirasi tersebut akan disetujui seluruh fraksi di DPRD mengingat sebagai wilayah kecamatan terbungsu di kabupaten ini, Ponelo Kepulauan akan bertumbuh pesat jika ditunjang dengan akses transportasi yang lancar dan memadai.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013