Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin mengatakan kegiatan pasar murah bersubsidi bagi masyarakat merupakan murni kegiatan pemerintah daerah tersebut.

"Pemerintah Provinsi Gorontalo terus melaksanakan pasar murah bersubsidi bagi masyarakat yang bertujuan untuk menjaga inflasi di daerah ini, sehingga diingatkan agar tidak dikaitkan dengan politik," kata Rudy di Gorontalo, Jumat.

Ia menekankan hal tersebut pada pelaksanaan pasar murah bagi masyarakat di Desa Isimu Selatan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.

"Pesan saya mohon pasar murah bersubsidi ini tidak dikaitkan dengan politik sebab kegiatan ini betul-betul di tujukan kepada rakyat tanpa di bungkus oleh kepentingan politik. Mengingat kita tahu sekarang ini sementara bergulir kegiatan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Kami pastikan ini betul-betul murni pasar murah bersubsidi untuk menjaga stabilisasi harga bahan pokok,” kata Rudy.

Menurut data dari Dinas Komperindag Provinsi Gorontalo, pelaksanaan pasar murah kali ini merupakan yang ke 26 kalinya digelar sejak Januari 2024.

Pemprov Gorontalo sendiri memastikan pelaksanaan pasar murah akan berlangsung terus hingga akhir tahun sesuai dengan yang telah dianggarkan.

Oleh sebab itu ke depan, Pemprov kembali akan melaksanakan pasar murah di Kabupaten Gorontalo karena saat ini kabupaten tersebut menjadi penyebab tingginya inflasi di Gorontalo.

"Jadi kita akan bantu lewat pasar murah, 1.000 paket kita subsidi. Intinya kami pemerintah harus turun sesuai amanat Presiden Prabowo, aparat harus turun ke masyarakat,” imbuhnya.

Pelaksanaan pasar murah kali ini sebanyak 1.000 paket komoditas pangan disiapkan oleh Dinas Kumperindag.

Satu paket terdiri enam komoditas yang dijual dengan harga Rp75 ribu.

Beras kemasan lima kilogram dijual Rp25 ribu, minyak goreng satu liter Rp10 ribu, serta cabai dan bawang merah masing-masing Rp10 ribu untuk kemasan setengah kilogram. Kemudian ada juga gula pasir satu kilogram harganya Rp10 ribu, dan telur 10 butir Rp10 ribu.

Selain menjual enam komoditas dengan harga bersubsidi, Dinas Kumperindag juga bekerja sama dengan sejumlah distributor dan toko retail, seperti Alfamart dam Indomaret.

Produk yang dijual berupa barang harian kemasan dengan harga promosi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024