Rachmat Gobel melalui PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) menunjukkan komitmennya dalam mendorong pengembangan olahraga dan pembangunan Gorontalo dengan menjadi sponsor resmi Gorontalo Half Marathon 2024.

"PT AGIT berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah Gorontalo. Ini sejalan dengan visi 2051, yang bertujuan mengangkat Gorontalo dari provinsi termiskin ke lima menjadi provinsi paling makmur ke lima di Indonesia," ucap Rachmat di Gorontalo, Ahad.

Menurut dia, penguatan sektor UMKM merupakan salah satu pilar utama dalam visi tersebut, sehingga dukungan terhadap kegiatan lomba lari pertama itu selaras dengan nilai-nilai yang dijunjung.

Dengan total pelari dari berbagai kategori yang mencapai hingga 2.200 peserta yang berasal dari dalam dan luar Gorontalo, acara tersebut berpotensi menggerakkan roda ekonomi lokal seperti hotel, UMKM, tempat wisata, dan transportasi.

Anggota DPR RI itu menyampaikan bahwa PT AGIT sebagai anak perusahaan Gobel Group yang mengelola Pelabuhan Anggrek melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) bangga dapat berpartisipasi dalam Gorontalo Half Marathon 2024.

"Gorontalo memiliki potensi besar di bidang agribisnis, mencakup produksi jagung, cokelat, kelapa, dan perikanan, serta pengembangan produk turunannya. Potensi ini dapat semakin ditingkatkan melalui semangat entrepreneurship. Melalui penyelenggaraan Gorontalo Half Marathon 2024 mari kita manfaatkan ajang 'sport tourism' ini untuk lebih mengenalkan potensi UMKM lokal kepada masyarakat luas," kata dia.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin turut memberikan apresiasinya atas dukungan dari PT AGIT dan Gobel Group sebagai sponsor utama.

Keterlibatan PT AGIT dan Gobel Group dalam ajang itu, menurut Rudy, merupakan contoh nyata dari peran aktif pihak swasta dalam mendukung pengembangan pariwisata dan menggerakkan ekonomi lokal di Gorontalo.

"Kami berharap suksesnya penyelenggaraan tahun ini yang berhasil menghadirkan sebanyak 2.200 partisipan dapat menjadi indikator keberhasilan untuk tahun-tahun berikutnya, yang tentunya akan menarik lebih banyak sponsor besar ke depannya," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024