Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melakukan panen raya jagung bersama petani di Desa Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

"Keberhasilan petani jagung di kecamatan Pulubala patut dibanggakan karena sukses memberi kontribusi terhadap peningkatan produksi jagung sebesar 30 persen di Provinsi Gorontalo," jelas bupati.

Bupati mengaku bangga melihat semangat petani Pulubala yang telah beroleh apresiasi Pemerintah Pusat, utamanya Kementerian Pertanian.

"Gubernur dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman pun datang ke Kabupaten Gorontalo saat panen raya beberapa hari kemarin dan di Gorontalo terjadi kenaikan produksi jagung, antara 60 persen hingga 80 persen," katanya.

Selain itu, Bupati Nelson mengaku bahwa produksi jagung di Kabupaten Gorontalo sepertiga dari apa yang dicapai Provinsi Gorontalo.

"Hal menggembirakan bagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo ialah adanya semangat masyarakat tani yang mampu menerima dengan baik langkah-langkah Pemerintah dalam pengembangan pertanian," lanjutnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan bertambahnya luas lahan pertanian dan capaian produksi setiap panen.

"Masyarakat kita sudah sangat menerima hal ini, untuk itu pemerintah daerah pun akan mendorong setiap usaha dan kebutuhan petani, antaranya menyokong melalui pengadaan bibit, pembangunan jalan tani, dan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian", jelas Bupati

Tahun depan Kementrian Pertanian berencana untuk mengembangkan pertanian jagung menjadi dua kali lipat di Provinsi Gorontalo, yaitu menjadi 400.000 hektare dan Provinsi Gorontalo akan dijadikan lumbung pangan Indonesia Khususnya jagung.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016